Sedang bingung memilih platform streaming favoritmu? Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas perbandingan fitur dari tujuh platform streaming populer: Viu, Vidio, We TV, HBO Go, Netflix, iQIYI, dan CatchPlay+. Temukan mana yang cocok dengan selera hiburanmu di sini!

Pengenalan tentang platform streaming Viu, Vidio, We TV, HBO Go, Netflix, iQIYI, dan CatchPlay+

Platform streaming telah menjadi fenomena baru dalam industri hiburan, terutama di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di antara banyaknya pilihan platform streaming yang tersedia, Viu, Vidio, We TV, HBO Go, Netflix, iQIYI, dan CatchPlay+ adalah beberapa nama yang tidak asing lagi bagi penggemar konten digital. Viu adalah platform streaming asal Hong Kong yang fokus pada drama Asia Selatan dan Timur Tengah. Didirikan pada tahun 2015 oleh PCCW Media Group dan Hutchison Whampoa Limited (kini dibawah naungan perusahaan media Baring Private Equity Asia), Viu menawarkan berbagai konten seperti drama Korea dan Indonesia dengan subtitle bahasa Indonesia secara eksklusif. Sementara itu, Vidio adalah platform lokal Indonesia pertama untuk menonton acara televisi langsung dan video on-demand. Diluncurkan pada tahun 2014 oleh PT Kreatif Media Karya (KMK Online), Vidio menyediakan berbagai saluran televisi nasional maupun internasional serta beragam konten lokal seperti film Indonesia dan olahraga. We TV merupakan kolaborasi antara dua perusahaan besar yakni Tencent Video dari China dan MNC Entertainment dari Indonesia. Didirikan pada tahun 2020 sebagai bentuk kerjasama sinergi bisnis kedua belah pihak di bidang streaming video on-demand. HBO Go dikelola langsung oleh HBO (Home Box Office) yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Platform ini menawarkan sederet konten unggulan seperti serial televisi populer berjudul Game of Thrones serta produksi film-film kualitas tinggi dari seluruh dunia dengan harga langganan yang terjangkau. Netflix adalah salah satu platform streaming paling populer di dunia yang telah hadir di Indonesia sejak 2016. Perusahaan asal Amerika Serikat ini menawarkan berbagai konten orisinil produksi Netflix serta acara dan film dari seluruh penjuru dunia. Kualitas tayangan yang ditawarkan Netflix juga sudah tidak diragukan lagi. iQiYi, platform asal China, merupakan saingan utama Tencent Video dalam industri hiburan digital China. Terdapat berbagai macam tayangan eksklusif seperti drama populer Legend of Fu Yao dan The Untamed yang membuat iQIYI semakin diminati oleh pengguna streaming video on-demand.

Perbedaan mendasar antara masing-masing platform

Perbedaan platform streaming saat ini semakin banyak dengan hadirnya berbagai layanan yang menawarkan konten-konten menarik. Namun, dari sekian banyak platform, ada beberapa nama yang cukup populer di kalangan pengguna Indonesia seperti Viu, Vidio, We TV, HBO Go, Netflix, iQIYI, dan CatchPlay+. Meskipun tujuan utama mereka adalah menyediakan hiburan melalui film dan serial televisi, namun masing-masing platform memiliki perbedaan mendasar dalam fitur dan konten yang ditawarkan. Mari kita bahas satu per satu agar kamu dapat memilih platform terbaik sesuai kebutuhanmu. Pertama adalah Viu. Platform ini didirikan oleh PCCW Media Group asal Hong Kong dan dikenal sebagai situs streaming drama Korea terlengkap. Fitur unggulan dari Viu adalah kemampuan untuk menonton semua episode drama secara gratis hanya 8 jam setelah tayang di Korea Selatan. Selain itu, Viu juga memiliki subtitle bahasa Indonesia yang akurat sehingga membuat pengalaman menonton lebih menyenangkan. Kedua adalah Vidio. Platform buatan anak bangsa ini tidak hanya menyediakan konten lokal seperti film Indonesia dan sinetron terbaru tetapi juga serial luar negeri dari berbagai negara seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan dengan subtitle bahasa Indonesia. Keunggulan lain dari Vidio adalah dapat mengakses semua saluran televisi nasional secara live atau siaran langsung. Masuk ke dalam platform asal Korea Selatan yaitu We TV. Tidak seperti dua platform sebelumnya yang hanya menyajikan tayangan umum seperti drama dan film, We TV fokus pada konten variety show atau acara hiburan. Hal ini membuatnya berbeda dari platform lain yang lebih menonjolkan drama dan film. Sebagai salah satu merek HBO di Asia, HBO Go tidak perlu ragu akan kualitas dan konten yang ditawarkannya. Sebagai channel premium, HBO Go menawarkan akses ke seluruh library film dan seri orisinal produksi HBO dengan kualitas tayangan yang sangat baik. Namun, karena fokus pada tayangan sejenis, platform ini tidak memiliki banyak variasi genre seperti drama Korea atau reality show. Sementara itu, Netflix merupakan salah satu pionir dalam layanan streaming dan telah memperkenalkan model bisnis baru yaitu original content atau konten asli produksi mereka sendiri. Dengan beragam jenis genre seperti drama, komedi, dokumenter, dan animasi serta subtitle bahasa Indonesia yang tersedia untuk sebagian besar tayangannya, Netflix menjadi favorit banyak pengguna.

Baca Juga:

Keunggulan dan kelemahan dari setiap platform

Keunggulan dan kelemahan dari setiap platform streaming dapat menjadi pertimbangan penting dalam memilih layanan yang tepat untuk menikmati konten favorit. Berikut adalah gambaran secara detail mengenai kelebihan dan kelemahan dari setiap platform streaming terkemuka, seperti Viu, Vidio, We TV, HBO Go, Netflix, iQIYI, dan CatchPlay+. -Viu: Keunggulan Viu terletak pada koleksi drama dan variety show Korea yang kaya dan up to date. Selain itu, Viu juga menawarkan subtitle bahasa Indonesia yang akurat serta fitur download untuk menonton offline. Namun demikian, ada beberapa drama atau variety show tertentu yang hanya bisa diakses oleh pengguna premium. -Vidio: Platform ini memiliki kelebihan berupa koleksi konten lokal Indonesia yang lengkap termasuk tayangan acara televisi terbaru serta live streaming channel nasional. Selain itu, Vidio juga menyediakan fitur rewind hingga 24 jam sehingga pengguna tidak akan ketinggalan program favorit mereka. Akan tetapi, Vidio masih kurang memiliki koleksi drama Asia yang komprehensif. -We TV: Selayaknya nama platformnya yang merupakan singkatan dari World Entertainment Television Group Limited (WETV), We TV menawarkan sejumlah besar drama-drama China populer serta subtitle bahasa Indonesia yang lengkap. Namun sayangnya belum semua drama tersedia dengan kualitas resolusi tinggi. -HBO Go: HBO Go hadir sebagai salah satu opsi bagi para pecinta film Hollywood dengan koleksinya yang eksklusif seperti Game of Thrones atau Westworld. Tersedia pilihan subtitle bahasa Indonesia, namun belum semua konten dapat dengan mudah diakses tanpa harus membeli paket premium. -Netflix: Sebagai salah satu platform streaming paling populer di dunia, Netflix menawarkan kelebihan berupa koleksi film dan serial TV yang variatif serta fitur download untuk ditonton offline. Akan tetapi, harga langganannya cukup mahal dibandingkan dengan platform lainnya dan masih terbatas dalam ketersediaan subtitle bahasa Indonesia untuk beberapa konten. -iQIYI: Platform asal China ini memiliki banyak drama dan variety show yang menarik bagi penggemar Asia seperti Korea, Jepang, dan Tiongkok. Namun sayangnya masih ada beberapa masalah teknis seperti buffering yang sering terjadi saat menonton video. -CatchPlay+: CatchPlay+ menyediakan koleksi film-film Hollywood terbaru yang bisa ditonton secara premium atau tidak melalui sistem pembayaran pay-per-view.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform tersebut (contoh: mode offline, subtitle terjemahan bahasa Indonesia)

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform streaming menjadi salah satu pertimbangan penting bagi pengguna untuk memilih layanan tersebut. Setiap platform memiliki keunggulan dan fitur-fitur yang berbeda, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna. Berikut ini adalah beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh beberapa platform streaming populer di Indonesia, seperti Viu, Vidio, We TV, HBO Go, Netflix, iQIYI, dan CatchPlay+. 1. Mode Offline Salah satu fitur utama dari platform streaming adalah kemampuan untuk menonton konten secara offline tanpa koneksi internet. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering berpergian atau tidak memiliki kuota internet yang cukup besar. Platform Viu, We TV dan Netflix menyediakan fitur download sehingga pengguna dapat menyimpan konten favoritnya dan menontonnya kapan saja tanpa khawatir akan kehabisan kuota. 2. Subtitle Terjemahan Bahasa Indonesia Fitur subtitle terjemahan bahasa Indonesia sangat penting bagi penonton yang tidak fasih dalam bahasa asli dari konten yang mereka tonton. Platform Viu, Vidio, HBO Go dan Netflix menyediakan subtitle terjemahan bahasa Indonesia untuk hampir semua konten mereka. Hal ini tentunya membuat pemahaman cerita menjadi lebih mudah dan meningkatkan keseruan dalam menonton. 3. Pilihan Konten Lokal Platform streaming juga semakin banyak menambahkan pilihan konten lokal sebagai bagian dari strategi mereka untuk meningkatkan jumlah penonton di Indonesia. Misalnya pada platform CatchPlay+, pengguna dapat menemukan banyak film-film Indonesia yang sedang populer dan terbaru. Di sisi lain, platform We TV dan iQIYI juga menawarkan drama-drama populer dari Indonesia dan Asia dengan subtitle bahasa Indonesia. 4. Fitur Parental Control Fitur ini sangat berguna bagi orang tua yang ingin mengontrol konten yang ditonton oleh anak-anak mereka. Platform seperti Vidio, Netflix, dan HBO Go menyediakan fitur parental control yang memungkinkan pengguna untuk memblokir atau membatasi akses ke konten tertentu berdasarkan rating usia. 5. Multiple Profiles Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat beberapa profil di satu akun sehingga keluarga bisa menggunakan satu akun streaming tanpa harus mengganggu data penonton masing-masing. Pada platform Netflix, pengguna dapat membuat hingga lima profile di satu akun sehingga setiap anggota keluarga memiliki pilihan konten sesuai dengan minat mereka.

Harga langganan dan paket yang tersedia

Harga langganan dan paket yang tersedia merupakan salah satu pertimbangan penting saat memilih platform streaming untuk menikmati film dan acara favorit. Dengan banyaknya platform streaming yang tersedia, mungkin Anda bingung menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Untuk membantu Anda dalam memilih, berikut ini adalah perbandingan harga langganan dan paket yang ditawarkan oleh tujuh platform streaming terkemuka di Indonesia: Viu, Vidio, We TV, HBO Go, Netflix, iQIYI, dan CatchPlay+. Setiap platform memiliki berbagai macam paket dengan fitur dan harga yang berbeda-beda. Viu menawarkan layanan gratis namun dengan iklan. Namun jika ingin menikmati konten tanpa gangguan iklan, ada pilihan langganan premium mulai dari Rp 30.000 per bulan untuk pengguna di Indonesia. Paket tersebut juga menyediakan fitur unduhan untuk menonton offline serta akses ke seluruh konten Viu Originals. Sementara itu, Vidio menyediakan tiga jenis langganan yaitu basic (Rp 10.000/bulan), standard (Rp 50.000/bulan), dan deluxe (Rp 90.000/bulan). Dengan basic subscription, pengguna dapat mengakses tayangan lokal maupun internasional berkualitas standar tanpa iklan. Sedangkan standard subscription memberikan akses ke lebih banyak konten termasuk eksklusif Vidio Premier League serta bisa ditonton hingga lima akun sekaligus. Untuk deluxe subscription, selain mendapatkan semua fitur pada standard subscription juga dapat menonton konten dengan kualitas HD dan Ultra HD. We TV menawarkan paket premium dengan harga Rp 69.000/bulan atau Rp 690.000/tahun. Dengan langganan ini, pengguna dapat menikmati tayangan Chinese dan Thailand terbaik tanpa iklan serta akses ke We Originals yang populer di kalangan penonton Asia. Untuk HBO Go, tersedia dua pilihan paket yaitu paket personal (Rp 49.000/bulan) dan paket family (Rp 99.000/bulan). Dengan personal subscription, pengguna dapat menonton hingga lima perangkat sekaligus, sedangkan family subscription memberikan akses untuk 10 perangkat sekaligus serta adanya fitur parental control. Netflix menawarkan tiga jenis paket yaitu basic (Rp 54.000/bulan), standard (Rp 90.000/bulan), dan premium (Rp 135.000/bulan).

Baca Juga: